Sinjai 3 November 2021

Siang Ini Rapat Dengar Pendapat digelar di Aula Pertemuan Dinas Perikanan Kab. Sinjai, Rapat dihadiri oleh sejumlah pihak yang terkait dalam masalah ini. Diantaranya Pihak Dinas Perikanan, Kasat Intel mewakili kapolres Sinjai, Pol Airut, Syahbadar, PSDKP serta Nelayan perre-perre.

Tujuan diadakannya Rapat ini, adalah tindak lanjut RDP antara pihak pabagang dengan pihak perre2 di kantor DPRD kemarin. Dinas Perikanan sebagai tenaga teknis urusan pemerintahan mengundang pihak-pihak terkait untuk menetralisir masalah ini. Pabagang merasa kehadiran perre-perre merugikan mereka, tapi dalam Rapat hari ini justru pihak nelayan pabagang tidak ada yang datang/mewakili. Menurut Kasat Intel Polres Sinjai Iptu Rahmat, S.sos, mengungkapkan bahwa ada 10 pabagang menolak kehadiran perre2, dan itu Salah karena tidak ada seorang pun yg bisa menghalangi hak orang lain untuk mencari nafkah dan itu sudah di atur dalam undang-undang.

Sedangkan dari pihak masyarakat perre-perre juga merasa dirugikan oleh aksi pabagang yang mengusir mereka dari laut sinjai. Dalam Rapat hari ini, mereka minta solusi tindakan apa yg harus dilakukan Karena mereka juga mencari nafkah. Solusi sementara dari kadis Perikanan H. Haris Achmad, nelayan perre-perre jangan mendekati lokasi bagang.

Pihak yang mewakili Pol PP mengemukakan perlunya penetapan regulasi bagi pihak perre2 agar kegiatannya TDK melanggar aturan apapun, keputusan ini didukung oleh Pihak Syahbandar dalam rapat ini diwakili pak eko, kita tidak memihak siapapun baik itu nelayan pabagang atau perre-perre. Yang penting mereka sudah mengantongi izin berlayar, pak eko juga mengatakan seharusnya nelayan perre-perre sebelum turun melaut melapor ke kantor kami. Sehingga diketahui berapa jumlahnya. Ini diamini oleh pak dayat dari PSDKP, nelayan perre2 harus punya surat kelengkapan sebelum melaut termasuk surat laik kapal.

Rapat hari ini belum mendapat titik terang, semoga kedepannya bisa mendapat solusi yang menguntungkan semua pihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *